Profil Zinedine Zidane Sang Playmaker Legend

Profil Zinedine Zidane

Bagi yang mengaku penggemar Real Madrid, sejatinya harus mengetahui profil dari setiap pemainnya. Salah satunya yang harus dikenal adalah profil Zinedine Zidane. Playmaker plontos berkebangsaan Prancis yang saat ini sudah menjabat sebagai pelatih El Real.

Jika dilihat dari kontribusinya untuk Los Galacticos, memang selayaknya kalau pemain ini menjadi legenda di Madrid. Apalagi sudah banyak piala yang diberikan baik semasa masih menjadi pemain maupun saat sudah menjadi pelatih. Alasan ini yang mendasari pertanyaan mengapa profil Zidane perlu diketahui oleh seluruh penggemar El Real.

Profil Zinedine Zidane

Zidane lahir pada tanggal 23 Juni 1972 dengan nama lengkap Zinedine Yazid Zidane. Ia lahir di Marseille namun masa kecilnya banyak dihabiskan di La Castellane. Si pemain lahir dari orang tua muslim asal Aljazair yang melakukan imigrasi ke Perancis di tahun 1954.

READ  Profil Wayne Rooney Si Pencetak Gol Terbanyak Jagoan MU

Zidane sudah suka sepak bola sejak masih usia belia. Namun, ia masih belum bergabung dengan klub melainkan hanya bermain di sekolah bersama teman-temannya. Baru ketika usianya memasuki 14 tahun Zidane mulai masuk ke klub Akademi AS Cannes atas rekomendasi pencari bakat Jean Varraud.

Karier Profesional Zidane

Bisa dibilang karier profesional Zidane agak terlambat. Pasalnya pemain ini baru bergabung dengan klub profesional di usianya yang sudah menginjak 17 tahun. Tepatnya pada tahun 1991 ketika ia dipromosikan masuk ke tim senior Cannes.

Penampilan Zidane bersama Cannes membuat Girondins de Bordeaux tertarik untuk memboyongnya. Akhirnya pada musim 1992/1993 Zizou resmi bergabung dengan Bixente Lizarazu dan kawan-kawan. Dari sinilah karier sensasional Zidane bermula hingga berhasil diboyong Juventus ke Delle Alpi Italia.

Zidane dan KLub Raksasa Eropa

Di sepanjang karier profesional Zidane, ada dua klub raksasa Eropa yang berhasil disinggahinya, yaitu Juventus dan Real Madrid. Di Juventus, Zidane ditugaskan menjadi playmaker untuk mengirimkan umpan matang ke Alessandro Del Piero dan David Trezeguet.

READ  Profil Romeru Lukaku, Pemain Bersinar Dari Belgia

Tugasnya ini dibantu oleh gelandang bertahan taktis Edgar Davids dan Pavel Nedved sebagai pembuka jalan dari sayap. Sedangkan ketika bergabung dengan Real Madrid, Zidane mendapatkan tugas yang sama yaitu sebagai pembagi bola.

Pemain ini yang ditugaskan untuk mengirimkan assist matang pada Raul Gonzales dan Michael Owen. Di kedua klub di atas, Zinedine Zidane juga banyak memberikan gelar bergengsi, seperti Scudetto, Liga Champions, juara La Liga dan lainnya.

Gaya Bermain Zidane

Style bermain Zinedine Zidane adalah flamboyan. Akan tetapi kelincahannya cukup atraktif dengan keunggulan terletak pada dribbling-nya yang mengecoh. Bisa dipastikan pemain lawan akan sulit menghentikannya jika si plontos kadung membawa bola. Bahkan tidak segan dia menggocek bola dengan melakukan solo run hingga ke kotak penalti lawan.

Kelebihan Zidane berikutnya ialah memiliki passing dan assist yang akurat. Ini masih diperkuat dengan daya jelajahnya yang tinggi sehingga tidak jarang si pemain turun hingga ke garis pertahanan untuk membantu defender. Gaya main seperti ini yang disukai dari Zidane sehingga banyak klub tertarik untuk merekrutnya.

READ  Profil Mohamed Salah Si Penyerang Mesir Andalan Liverpool

Zidane Ketika Menjadi Pelatih Real Madrid

Zidane pensiun sebagai pemain pada tahun 2006 tepatnya pada tanggal 7 Mei 2006 ketika Real Madrid melawan Villareal. Sejak saat itu karir Zidane sebagai pelatih Real Madrid bermula pasca keluarnya putusan resmi dari manajemen El Real. Alhasil si plontos tidak lagi bermain tetapi cukup mengawasi Sergio Ramos dkk berjibaku di lapangan hijau.

Karier kepelatihannya sendiri disahkan pada bulan Januari 2016. Yang mana, Zidane ditugaskan untuk melatih Los Galacticos pasca ditinggalkan Rafa Benitez yang dipecat oleh manajemen klub. Sejak saat itu, posisi Zidane tidak tergantikan hingga saat ini.

Itulah profil Zinedine Zidane yang perlu diketahui. terutama yang mengaku sebagai penggemar berat Real Madrid dan Juventus. Silahkan disimak semoga ada manfaatnya.

 

You May Also Like

About the Author: achan kun