Profil Paolo Maldini Sang Legenda AC Milan

Profil Paolo Maldini

Jika memang seorang Milanisti yang sejati tentu profil Paolo Maldini sudah diketahui bahkan dihafal di luar kepala. Sebaliknya kalau legenda klub Ac Milan tersebut tidak dikenal berarti fanatisme terhadap klub berkostum hitam strip merah ini layak dipertanyakan. Salah satu alasannya adalah, karena Maldini adalah maestro bahkan legenda Ac Milan.

Paolo Maldini sendiri mengekor jejak sang ayah, Cesare Maldini yang juga menjadi legend di San Siro. Uniknya, keduanya bermain di posisi yang sama yaitu back kiri untuk formasi 3-4-3 maupun 3-4-1-2. Sedangkan yang paling luar biasa, ayah dan anak ini juga pernah menjadi kapten kesebelasan.

Profil Paolo Maldini sebagai Pemain Sepak Bola

Pemain belakang berambut panjang tersebut memiliki nama lengkap Paolo Cesare Maldini. Sedangkan yang menjadi nama panggilan adalah Paolo Maldini, dan masyarakat Indonesia menyebutnya Maldini saja. Defender ideal ini lahir di Milan Italia pada tanggal 26 Juni 1968.

Paolo Maldini sudah mengenal sepak bola sejak kecil. Hal ini disebabkan oleh peran sang ayah, Cesare Maldini yang merupakan kapten tim Ac Milan di tahun 60an. Sepertinya anak Maldini dari pernikahannya dengan model Venezuela Adriana Fossa yang bernama Christian Maldini juga bakal meneruskan jejak ayah dan kakeknya menjadi bintang di Milan.

Paolo Maldini dan Karier Sepak Bola

Paolo Maldini memulai debut profesionalnya di sepak bola pada tahun 1985. Di saat itu, Maldini turun pada pertandingan Milan versus Udinese di Serie A Italia. Uniknya, laga dimainkan pada waktu usia Maldini masih belum genap 16 tahun.

Sejak saat itu hingga pensiun, Maldini telah memberikan banyak gelar bagi Milan. Diantaranya ialah memberikan 7 scudetto Serie A dan 5 gelar Piala Champions. Bahkan Maldini dianggap sebagai pelaku clean sheet terbanyak sebagai pemain belakang Milan.

Maldini dan Cattenacio Italia

Tim Nasional Italia adalah kesebelasan yang memiliki pertahanan yang sangat kuat. Sebutannya adalah pertahanan grendel atau istilah Italia-nya adalah Catenaccio. Nah, keberadaan Maldini di lini belakang Italia semakin memperkokoh sebutan di atas.

Bahkan bersama Alessandro Nesta (Lazio) dan Fabio Cannavaro (Juventus) menjadikan lini belakang Italia terbaik sedunia di kala itu. Menurut pers, formasi inilah satu-satunya yang dimiliki Italia yang sampai saat ini masih belum ada tandingannya. Karena alasan tersebut, dua pemain di atas serta Maldini disebut sebagai kolaborasi pemain bertahan terbaik dan sensasional.

Gaya Bermain Paolo Maldini

Paolo Maldini adalah pemain belakang yang memiliki keunggulan dalam hal tackling dan sliding yang bersih. Karena itu, si pemain mudah menjagal pergerakan lawan tanpa dihadiahi kartu kuning apalagi kartu merah. Selain itu, gaya bermain Maldini juga taktis baik dalam melakukan out clean sheet maupun on clean sheet dengan kualitas yang sama baiknya.

Paolo Maldini tidak memiliki kemampuan dribble yang hebat tetapi ada skill solo run yang bisa menutupinya. Maka dari itu, tidak jarang Maldini berlari ke garis depan dari sisi sayap untuk melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti lawan. Tidak jarang pula gol-gol dari Andriy Shevchenko maupun Filippo Inzaghi lahir dari assist-nya.

Paolo Maldini dan Word Cup

Hingga saat ini, caps Paolo Maldini bersama Italia di Piala Dunia adalah 4 kali. Yaitu World Cup 1990, 1994, 1998 dan 2002. Namun sayangnya Maldini belum sekalipun memberi gelar pada Italia, hanya berhasil membawa Italia menjadi runner up World Cup 1994 karena Roberto Baggio dkk dikandaskan Brasil di partai final.

Itulah profil Paolo Maldini yang perlu diketahui oleh Milanisti di Indonesia. Paling tidak untuk yang lahir pada tahun 2000an ketika si legenda telah gantung sepatu. Baik untuk tim Ac Milan maupun dari Tim Nasional Italia.

 

READ  Profil Wayne Rooney Si Pencetak Gol Terbanyak Jagoan MU

You May Also Like

About the Author: achan kun