Profil Mohamed Salah Si Penyerang Mesir Andalan Liverpool

Profil Mohamed Salah

Mohamed Salah adalah salah satu penyerang terbaik di dunia saat ini. Lahir di Mesir, Salah resmi bergabung dengan Liverpool pada tahun 2017 silam. Profil Mohamed Salah menarik banyak fans sepakbola karena keterampilannya dalam membobol gawang lawan. Berikut selengkapnya profil penyerang andalan Liverpool ini.

Masa Kecil dan Awal Mula Karir Mohamed Salah 

Mohamed Salah lahir pada tanggal 15 Juni 1992 di Mesir. Ia adalah anak kedua dari dua bersaudara dengan satu kakak laki-laki. Salah memulai karirnya sebagai penyerang atau forward di Liga Mesir bersama El Mokawloon. Permulaan karirnya tidak begitu baik karena Egyptian Premier League diberhentikan pada tahun 2012.

Namun, Salah mendapat kabar baik pada tahun itu juga. Klub sepakbola FC Basel terpikat pada permainan Salah dan memutuskan untuk menawarkannya kontrak. Pada tahun 2012, Mohamed Salah pun resmi bermain untuk FC Basel dengan kontrak 4 tahun. Bersama FC Basel, ia mendapatkan penghargaan Swiss Golden Player.

READ  Profil Mariano Diaz Yang Sempat Diperebutkan AS Roma Dan Arsenal

Permulaan karir Mohamed Salah tidak selamanya mulus. Pada musim 2013-2014, meskipun resmi menjadi pemain di klub besar Chelsea, keberadaan Salah tidak mencuri perhatian. Bersama Chelsea, ia sering duduk di bangku cadangan. Hal ini membuatnya pernah menjadi pemain pinjaman ke klub sepakbola Fiorentina dan AS Roma.

Akhirnya, pada tahun 2015, Mohamed Salah resmi hengkang dari Chelsea dan pindah ke AS Roma. Karirnya di AS Roma lebih menyenangkan, dengan 83 penampilan dan 34 gol. Pengalamannya di AS Roma seakan sedang mempersiapkannya untuk menjadi penyerang yang lebih handal. Latihan ini pun terbukti saat akhirnya ia bergabung dengan Liverpool di tahun 2017.

Kembali ke Inggris dan Menjadi Superstar

Liverpool kala itu sedang melakukan banyak perubahan besar. Tim Legenda yang sudah lama tidak memenangkan trofi itu seakan sedang haus akan pembuktian diri. Tidak disangka, Mohamed Salah seakan menjadi jawaban atas doa banyak fans Liverpool saat itu. Pada musim pertamanya, Salah terbukti handal dalam membobol gawang lawan dan berkontribusi dalam kemenangan tim.

READ  Profil Zinedine Zidane Sang Playmaker Legend

Permulaan yang baik seakan mengikuti Salah dalam setiap permainannya. Kala itu, Liverpool sudah lama absen dari panggung UEFA Champions League. Namun, atas kontribusi permainan Salah, Liverpool berhasil masuk ke partai final pada musim 2017-2018. Walaupun kalah 3-1 dari Real Madrid, profil Mohamed Salah pun mulai diperhitungkan.

Mohamed Salah berhasil menjuarai UEFA Champions League pada musim 2018-2019 bersama Liverpool. Tidak sampai disitu, Salah juga membantu Liverpool mendapatkan trofi English Premier League pada musim 2019-2020. Ia sendiri juga mendapatkan penghargaan individual seperti Golden Boot dan 2018 FIFA Puskas Award.

Menjadi Inspirasi dan Sorotan Dunia

Profil Mohamed Salah yang lahir dari keluarga sederhana dan berasal dari desa di Mesir memukau semua orang. Selain pemain yang handal, ia juga dikenal sebagai Muslim yang taat. Oleh karena karakteristiknya ini, ia pun memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

READ  Profil Wayne Rooney Si Pencetak Gol Terbanyak Jagoan MU

Tidak hanya dari penggemar, Salah juga mendapatkan banyak pujian dari sesama rekan kerjanya. Salah satu mantan kapten Liverpool, Steven Gerrard, mengatakan bahwa ia seperti sedang menyaksikan awal mula kejayaan Mohamed Salah. Hal ini adalah pujian besar, mengingat bahwa Gerrard sendiri adalah salah satu pemain terbaik dunia.

Hingga saat ini, Mohamed Salah masih terus membela Liverpool. Pada awal musim 2020-2021, ia bahkan mencetak hattrick pada laga melawan Leeds United. Ketajaman dan konsistensinya dalam mencetak gol membuktikan bahwa Salah adalah salah satu pemain terbaik dunia saat ini.

 

You May Also Like

About the Author: achan kun