Gelandang Bertahan Terbaik Indonesia yang Paling Tangguh

Gelandang Bertahan Terbaik Indonesia

Tidak semua klub sepak bola liga nasional memiliki gelandang bertahan terbaik Indonesia. Tetapi hanya tim tertentu saja yang memang memiliki pembibitan pemain cukup baik sekaligus mampu merangsang mereka untuk mendongkrak permainan. Maka dari itu, sebagian besar pemain sensasional semacam ini ada di klub-klub besar dan kaya raya.

Pada artikel bola kali ini akan dijelaskan tentang pemain gelandang paling tangguh di Indonesia. Sebagian diantaranya sudah pensiun dari sepak bola tetapi yang menjadi pelatih juga ada. Ini dia pemain gelandang bertahan yang dimaksud:

1. Bima Sakti

Bima Sakti atau Bima Sakti Tukiman merupakan gelandang bertahan terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Pemain yang pernah membela Pelita Jaya dan PSM Makasar ini memiliki keunggulan pada daya jelajah sekaligus kemampuan membaca pergerakan lawan. Selain itu, Bima juga piawai mengeksekusi bola-bola mati.

READ  Jago Main Bola dengan Menguasai Teknik Dasar Pemain Sepak Bola

Bima Sakti pernah mencicipi laga internasional bersama Tim Nasional Garuda. Tepatnya ketika usianya masih 19 tahun yaitu pada tanggal 4 Desember 1995. Sejak saat itu, Bima selalu menjadi langganan timnas serta sempat menjadi kapten kesebelasan.

2. Syamsul Bachri Chaerudin

Gelandang bertahan terbaik Indonesia yang kedua adalah Syamsul Bachri Chaerudin. Pemain tipikal pengangkut air pernah menjadi andalan Tim Maung Persib Bandung. Selain itu, Syamsul juga pernah membela timnas di Piala AFC 2005 dengan torehan satu gol.

Tipikal permainan Syamsul Bachri Chaerudin adalah energik dan keras. Dia seakan tidak pernah berhenti berlari menyusuri lini kedalaman. Bahkan di beberapa kesempatan, si pemain eks PSM Makasar ini juga terlihat naik untuk membantu lini depan.

3. Eri Eriyanto

Gelandang bertahan terbaik di Indonesia yang ketiga adalah Eri Eriyanto. Seorang pemain tengah Persebaya Surabaya yang memiliki keahlian dalam melakukan tendangan kanon keras dari tengah lapangan. Eri juga seorang gelandang pengangkut air yang cukup tangguh di masanya.

READ  5 Stadion Sepak Bola Malaysia Yang Sering Digunakan Bertanding

Eri Irianto merupakan pemain yang ikut berjasa membawa The Green Force menjuarai Liga Indonesia 1 di tahun 2000an. Namun karirnya berakhir tragis karena Eri meninggal dunia di usia muda akibat cedera serius pasca berbenturan keras dengan pemain lawan. Tragedi ini terjadi ketika Persebaya melawat ke kandang PSIM Yogyakarta.

4. Haryono

Haryono adalah gelandang pengangkut air yang lahir di Sidoarjo Jawa Timur. Namun Si Garang ini membela Persib Bandung pasca Tim Maung dibesut oleh pelatih Jaya Hartono. Pasca gabungnya dengan klub Bobotoh, permainan Haryono semakin luar biasa.

Haryono memiliki tipikal permainan keras tetapi taktis. Takling-nya juga bersih sehingga si pemain amat jarang mendapatkan teguran wasit. Mungkin kelemahannya hanyalah emosi yang masih sering meledak-ledak apalagi jika sedang terjadi keributan di tengah lapangan.

READ  Tak Banyak Yang Tahu Asal Negara Pemain Barcelona Saat Ini

5. Ponaryo Astaman

Gelandang bertahan Indonesia yang juga tangguh adalah Ponaryo Astaman. Selain Ponaryo mempunyai daya jelajah yang bagus skill individu-nya juga cukup mumpuni. Bahkan, dia berani merangsek ke kotak penalti lawan untuk membuka ruang bagi striker.

Ponaryo Astaman memiliki kemampuan menyerang dan bertahan dengan sama baiknya. Dipastikan lini pertahanan lebih aman jika Ponaryo bisa menampilkan permainan terbaiknya. Inilah pemain pertama yang akan berjibaku memotong serangan lawan sebelum berhadapan dengan center back.

Demikian informasi seputar pemain gelandang bertahan terbaik Indonesia. Semuanya tidak hanya layak diakui memiliki kemampuan yang mumpuni tetapi juga layak disebut legenda karena kontribusinya bagi klub dan tim nasional yang besar. Memang, para pemain ini sudah banyak yang gantung sepatu tetapi namanya masih tetap dikenal hingga saat ini. Dan pastikan anda bermain taruhan bola hanya di situs-situs terpercaya.

You May Also Like

About the Author: achan kun