6 Formasi Pemain Sepak Bola Paling Terkenal Dan Digunakan Klub Dunia

Formasi Pemain Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, salah satu hal penting yang wajib ada adalah formasi. Formasi pemain sepak bola sendiri merupakan cara penempatan ruang gerak pemain dan pembagian tugas pada setiap posisi yang  ditempati sehingga mudah untuk mengenali posisi antar pemain. Hal ini juga salah satu yang menentukan menang tidaknya suatu permainan sepak bola.

Formasi pemain bola ada banyak jenisnya, namun ada beberapa formasi yang terkenal dan paling sering digunakan dalam pemainan sepak bola. Nah, dibawah ini merupakan formasi dalam sepak bola yang terkenal :

1. Formasi 4-4-2

Formasi yang pertama adalah 4-4-2, jenis ini mulai populer sejak ditemukannya pada  tahun 1962. Maksud dari formasi 4-4-2 adalah terdapat 4 orang bek, 4 orang gelandang  dan 2 orang penyerang. Jenis formasi ini merupakan formasi paling banyak digunakan dan bahkan sering digunakan oleh klub sepakbola besar yaitu Spanyol walaupun tidak dijadikan sebagai format formasi utama.

READ  5 Klub Sepak Bola Tertua di Dunia Yang Melegenda

Pada formasi 4-4-2 ini mempunyai salah satu keunggulan yaitu pertahanan akan sulit untuk ditembus dan terdapat keseimbangan antara penyerangan dan pertahanan. Kelemahan dari formasi ini adalah gelandang kurang dan sangat monoton.

2. Formasi 4-3-3

Formasi pemain sepak bola selanjutnya adalah 4-4-3  yang terdiri dari 4 bek, 3 gelandang, dan 3  penyerang. Jenis ini juga merupakan salah satu fomasi yang popular akhir-akhir ini dan banyak  digunakan. Jika ingin mempunyai peluang gol yang tinggi, bisa menggunakan formasi ini.

Mempunyai kelemahan mudah sekali untuk diserang balik dan pada bagian tengah lapangan tidak begitu banyak menempatkan pemain. Akan tetapi formasi 4-3-3 ini mempunyai kelebihan yaitu seimbang dan sangat kuat untuk menyerang.

3. Formasi 4-3-2-1

Selanjutnya adalah formasi 4-3-2-1. Formasi ini walaupun jarang digunakan, akan tetapi pernah populer  pada tahun 2000-an. Sebenarnya formasi ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu keseimbangan dan penyerangan yang lumayan kuat.

READ  Jago Main Bola dengan Menguasai Teknik Dasar Pemain Sepak Bola

Tediri dari 4 bek, 3 gelandang tengah, 2 gelandang sayap, dan 1 penyerang. Bisa  diihat bahwa formasi tersebut sudah sulit untuk ditembus. Akan tetapi dengan formasi ini, para pemain akan cepat merasa lelah karena polanya sangat variatif.

4. Formasi 4-3-1-2

Formasi pemain sepak bola yang keempat adalah 4-3-1-2. Pada formasi ini hampir sama dengan formasi 4-3-2-1, yang membedakan adalah posisi pemain yaitu jika pada formasi 4-3-1-2 terdiri dari 4 pemain bek, 3 pemain bertahan, 2 pemain gelandang sayap kiri dan 1 gelandang tengah.

4-3-1-2 juga merupakan formasi yang sering digunakan kulub dunia seperti Milan dan  Barcelona. Mempunyai 4 pemain inti, sehingga sulit untuk ditembus karena pertahanan yang kokoh merupakan kelebihan formasi ini.

5. Formasi 4-4-1-1

Posisi dari forrmasi 4-4-1-1 ini terdiri dari 4 bek, 4 gelandang, 1 penyerang utama dan 1 penyerang kedua. Yang unik adalah, formasi ini terdapat penyerang kedua yang tugasnya mengantisipasi kondisi yang tidak terduga.

READ  Daftar 5 Klub Sepak Bola Italia Berprestasi

Sama seperti formasi 4-2-2 yang mengutamakan pertahanan dan penyerangan kuat, formasi 4-4-1-1 juga memiliki kelebihan yang sama. Kelemahan dari formasi ini adalah penyerang utama harus bekerja sendirian karena penyeranngg kedua lebih ke mengantisipasi hal tak terduga.

6. Formasi 3-5-2

Jika menginginkan formasi yang cocok untuk bertahan sampai akhir dari lawan, formasi 3-5-2 merupakan formasi yang tepat digunakan. Formasi pemain bola 3-5-2 ini terdiri dari 3 bek, 5 gelandang, dan 2 penyerang.

Formasi ini juga pernah dipakai oleh Persib Bandung sehingga formasi ini menjadi lumayan terkenal. Klub bola dunia seperti Juventus bahkan pernah memenangkan pertandingan menggunakan formasi ini.

Diatas merupakan 6 formasi pemain sepak bola yang terkenal dan dipakai oleh klub-klub besar dunia. Masing- masing formasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tinggal bagaimana klub bola mencocokkan formasi tersebut dengan pemain dan tujuan yang diinginkan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: achan kun